POS Ujian Sekolah Madrasah SD/MI 2014

POS Ujian Sekolah / Ujian Madrasah SD/MI Tahun 2014. Sebagai mana telah diketahui, Ujian Nasional tahun ini hanya dilaksanakan pada tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK/MAK. Sedangkan bagi siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar tidak dilaksanakan Ujian Nasional melainkan diganti dengan Ujian Sekolah/Ujian Madrasah (US/UM). Sehingga jika sebelumnya POS UN 2014 hanya mengatur UN SMP dan SMP sederajat, kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, SDLB, dan Program Paket A/Ula Tahun Pelajaran 2013/2014.

POS Ujian Sekolah/Madrasah tahun 2014 ini ditetapkan melalui Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 001/H/HK/2014 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah Pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan Penyelenggara Program Paket /Ula Tahun Pelajaran 2013/2014. POS US/M ini juga menjadi penjelas atas Peraturan Menteri Pedidikan dan Kebudayaan Nomor: 102 Tahun 2013 tentang Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah pada Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Dasar Luar Biasa, dan Penyelenggara Program Paket A/Ula.

POS US/M yang ditandatangani pada tanggal 6 Januari 2014 ini memuat acuan-acuan dalam penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah yang direncanakan akan diselenggarakan mulai 19 Mei 2014. Baik bagi pemerintah pusat (Kementerian), Pemerintah Provinsi (Gubernur, Dinas Pendidikan Provinsi, dan Kantor Wilayah Kementerian Agama), Kabupaten/Kota (Bupati/Walikota, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Kantor Kementerian Agama), dan satuan pendidikan. 


ujian sekolah madrasah
Siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah mengikuti Ujian Sekolah/Madrasah

Dalam Lampiran POS US/M tersebut memuat berbagai pedoman dan acuan yang diantaranya meliputi :
  1. Ketentuan Umum
  2. Peserta Ujian Sekolah/Madrasah
  3. Penyelenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah
  4. Bahan Ujian Sekolah/Madrasah yang Kisi-kisinya Ditetapkan Oleh Kementerian
  5. Pelaksanaan Ujian Sekolah/Madrasah
  6. Pemeriksaan Hasil Ujian Sekolah/Madrasah
  7. Kelulusan dari Ujian Sekolah/Madrasah dan Kelulusan dari Satuan Pendidikan
  8. Pemantauan, Evaluasi, dan Pelaporan
  9. Biaya Penyelenggaraan
  10. Sanksi

Download POS Ujian Sekolah/Madrasah SD/MI Tahun 2014

Untuk sekolah dan Madrasah penyelenggara Ujian Sekolah/Madrasah Tahun Pelajaran 2013/2014 musti menggunakan POS tersebut sebagai acuan penyelenggaaraan Ujian Sekolah/Madrasah. Untuk itu silakan download POS Ujian Sekolah/Madrasah SD/MI/SDLB/Pokjar A/Ula Tahun Pelajaran 2013/2014 dengan mengklik tautan berikut:
Semoga POS US/M SD/MI Tahun Pelajaran 2013/2014 ini bermanfaat bagi sekolah/Madrasah penyelenggara US/M, para orang tua murid, siswa-siswi kelas 6, dan praktisi pendidikan lainnya dalam mempersiapkan dan menyukseskan pelaksanaan Ujian tersebut.

Post a Comment

Silakan tinggalkan komentar dengan bahasa santun

Previous Post Next Post